Jumat, 06 Februari 2009

Sampah dimana-mana


Di puncak musim penghujan seperti sekarang ini, kota-kota di Indonesia terendam banjir, termasuk Ibukota Jakarta. Sebenarnya penyebab utama banjir adalah sampah. Masyarakat Ibukota yang membludak dan sebagian besar membuang sampah sembarangan menjadikan Jakarta kotor dan menjijikkan. Sampah-sampah itu juga membuat mampet selokan dan kali, sehingga meluaplah air sungai dan akhirnya banjir.

Hal ini harus diubah dan harus ada sanksi yang tegas untuk pelanggaran ini. Banyak sekali kalau kita lihat di jalan, halte, dan tempat umum lainnya orang yang membuang sampah. Entah itu puntung rokok, bungkus makanan, kotak minuman, dan lain sebagainya. Banyak orang yang tidak terlalu peduli dan berkata

"sampah saya cuma bungkus permen kok, gak bakalan banjir...."

kalau yang berpikir seperti itu ada 1000 orang saja pasti sampahnya sudah menumpuk, padahal masyarakat Indonesia berjumlah 220 juta orang. Bayangkan jika semua orang berpikir seperti itu.

Waktu medapatkan Motivation Training di Daarut Tauhid Bandung, saya dan teman-teman diajari untuk menjaga kebersihan. Rumus menjaga kebersihan adalah TSP

Tahan buang sampah sembarangan
Simpan sampah pada tempatnya
Pungut sampah sekecil apapun, Insya ALLAH berpahala

Jadi setiap ada kegiatan kami selalu menerapkan TSP.

Akan sangat baik jika TSP ini menjadi kebiasaan kita sehari-hari. Karena satu sampah yang kita buang pada tempatnya bisa mengurangi banjir dan bahkan menghentikannya. Jika 220 juta orang Indonesia menerapkan TSP, maka Indonesia akan bersih, seperti Singapore. Di Singapore, buang sampah sembarangan dendanya besar, jadi sedikit sekali yang melanggar. Mungkin itu juga harus diterapkan disini..... :)

Oke, jangan lupa TSP....!


(sumber gambar: google images)

2 komentar:

mie mengatakan...

Iya,,bner tu..sampah di mana2 di darat, laut dan udara(eh,yg terakhr ni gk da).

palagi sampah di laut,,kbanyakan asalnya dri orang yg buang sampah di sungai sembarangan. N kbanyakan itu sampah plastik. As we know,itu lama banget ancurna.

nice articel,,visit my blog to..
www.thewavemaker.wordpress.com

tukeran link yuk..mau3..?

Zhafir mengatakan...

yang namanya sampah emang udah agak susah ngurusnya, orang2 pada ga punya kesadaran sih...