Selasa, 18 Desember 2007

Penyebab Pemanasan Global

Para ilmuwan mulai menyelidiki pemanasan global yang terjadi sejak akhir abad 18. Sebagian besar ahli berkesimpulan bahwa kegiatan manusialah yang menjadi penyebab utama meningkatnya pemanasan global yang seringkali dikenal dengan efek rumahkaca. Efek rumah kaca memanaskan bumi melalui suatu proses yang kompleks yang berhubungan dengan sinar matahari, gas, dan partikel-partikel yang ada di atmosfer. Gas-gas yang menahan panas di atmosfer disebut gas rumah kaca.

Kegiatan manusia yang menimbulkan pemanasan global adalah pembakaran minyak bumi, batu bara, dan gas alam dan pembukaan lahan. Sebagian besar pembakaran berasal dari asap mobil, pabrik, dan pembangkit tenaga listrik. Pembakaran minyak fosil ini menghasilkan carbon dioxide (CO2), yakni gas rumah kaca yang menghambat radiasi panas ke angkasa ruang. Pohon-pohon dan berbagai tanaman menyerap CO2 cari udara selama proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan. Pembukaan lahan dengan menebangi pohon-pohon ikut meningkatkan jumlah CO2 karena menurunkan penyerapan CO2, dan dekomposisi dari tumbuhan yang telah mati juga meningkatkan jumlah CO2.

(www.langsing.net/gunung/artikel/lingkungan/pemanasan-global.html)

2 komentar:

Sains & Teknologi mengatakan...

Penebab pemanasan global 28% karena CO2 yang dipancarkan oleh pabrik dan kendaraan bermotor, sisanya adalah karena proses alami, seperti aktivitas matahari, sinar kosmik, letusan gunung berapi, dll

Lihat pada :

http://sansteknologi.blogspot.com/

Anonim mengatakan...

Halo bro ada yang masih kurang yaitu peternakan, dimana penelitian terbaru dari world watch mengatakan bahwa peternakan menyumbang lebih dari 50% gas rumah kaca..
untuk info:
www.pemanasanglobal.net
www.perubahaniklim.net

Thx...