Minggu, 23 Maret 2008

Hari Air Sedunia

Hari air sedunia yang jatuh kemarin, 22 Maret 2008 diperingati oleh beberapa komunitas peduli lingkungan, berikut kutipan berita dari www.liputan6.com:

22/03/2008 12:39 Hari Air
Hari Air Sedunia Diperingati


Liputan6.com, Jakarta: Dalam rangka Hari Air Sedunia yang jatuh pada 22 Maret, Komunitas Peduli Air menggelar aksi membagikan air kepada pengguna jalan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (22/3) pagi. Namun, banyak warga Ibu Kota yang tidak mengetahui kalau hari ini adalah Hari Air Sedunia. Kendati demikian, semua warga yang ditemui menyatakan setuju bahwa sumber daya air harus dijaga baik-baik.

Mici, gadis remaja asal Papua yang juga salah seorang relawan Komunitas Peduli Air, mengaku di daerah asalnya air bersih sangat sulit didapat. Di lain pihak, Mici mengamati masih terdapat pemborosan penggunaan air di berbagai tempat di dunia, termasuk di Indonesia. Karena itu, dia tergerak untuk mengingatkan warga sebangsa untuk lebih peduli terhadap ketersediaan air bersih.

Data Komunitas Peduli Air menunjukkan, saat ini lebih dari satu miliar warga dunia belum mendapat akses memadai ke air bersih. Bahkan, sebanyak 80 persen penyakit di negara berkembang disebabkan oleh kurangnya air bersih. Akibat pencemaran air pula sekitar 1,8 juta anak di seluruh dunia meninggal dunia karena diare setiap tahun. Bila sumber daya air tidak dirawat dengan baik, Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan pada tahun 2025 mendatang, 75 persen populasi dunia akan kesulitan mendapatkan air bersih.(ADO/Teguh Dwi Hartono)

Dari berita di atas, kita sebagai warga negara yang baik seharusnya ikut melakukan gerakan menghemat air. Sering sekali kita melihat orang yang boros air. Saat mencuci mobil misalnya, saat membersihkan dengan sabun air dibiarkan menyala, atau contoh lain saat menggosok gigi dan mencuci piring. Hal-hal seperti ini walaupun kecil, tetap harus diperhatikan agar cadangan air bersih tidak habis.
Kita juga masih banyak melihat orang yang menggunakan air sungai sebagai pusat kehidupan, untuk mencuci, mandi, bahkan buang air besar. Oleh karena itu, kita yang masih bisa menggunakan air bersih harus menghematnya dan jangan boros dalam menggunakannya. Selamat hari air, dan selamat menghemat!

Tidak ada komentar: