Senin, 17 Desember 2007

Cegah Pemanasan Global Sekarang Juga!

Pemanasan global yang semakin berbahaya harus segera kita cegah, berikut beberapa cara mencegah pemanasan global:

Jangan Pikir Langkahmu tak Berpengaruh!

JANGAN berpikir langkah kecil anda tak berpengaruh apa-apa. Sebab, persoalan besar seperti global warming, sebenarnya adalah dampak akumulatif dari perilaku individu yang kecil-kecil. Coba perhatikan poin-poin berikut yang dapat kita lakukan demi misi meminimalkan akumulasi gas rumah kaca yang jadi penyebabnya. Let's become part of the movement to prevent global warming. Cause if we're just wait and see, and do nothing, maybe we'll wake up one day, but it will be too late!

Bawa tas kain sendiri

Tahu, kan, kalau sampah plastik amat sulit terurai di alam? Kalau dibakar, plastik malah akan melepas zat racun. Mungkin kita masih sulit say no pada produk berbungkus plastik. Akan tetapi, minimal kita bisa menolak kantong plastik saat belanja di mana pun dan kapan pun. Caranya? Selalu bawa tas kain khusus jadi keresek dalam tas kita! Bentuk kampanye pengurangan tas plastik juga digaungkan oleh desainer asal Inggris, Anya Hindmarch. Ia bekerja sama dengan organisasi We Are What We Do mendesain tas kanvas ber-tagline "I'm Not a Plastic Bag", yang sekarang booming banget dan banyak dipakai selebriti!

"Transportasi hijau"

Kalau jarak tidak terlalu jauh, lebih baik jalan kaki atau naik sepeda saja! Atau gunakan kendaraan umum. Satu mobil diisi satu orang sebenarnya bentuk pemborosan energi, maka kalau menggunakan mobil pribadi pun, coba maksimalkan kapasitas penumpang mobil mu. Selain mengurangi kemacetan, ini juga bisa meminimalkan penggunaan kendaraan, yang berarti mengurangi emisi karbondioksida. Kalau pakai kendaraan pribadi, rawatlah sistem knalpot pembakaran mobil agar tetap dalam kondisi prima. Kalau mau keluar uang lebih, sekalian saja pakai mobil hybrid.

Pilih produk ramah lingkungan

Ternyata buang sampah pada tempatnya saja belum cukup karena sampah sebenarnya bisa didaur ulang. Mendaur ulang tumpukan koran setinggi 1,2 meter sudah dapat menyelamatkan satu pohon besar lho! Tapi, oke, mungkin anda masih sulit melakukan itu. Makanya, pilih produk-produk ramah lingkungan, perhatikan logo yang dicantumkan! Kertas daur ulang, misalnya, menggunakan energi 60% lebih rendah daripada kertas yang diolah dari pohon. Kalau para konsumen "menuntut" produk seperti itu terus-menerus ada di pasaran, lama-lama perusahaan bisa menurutinya.

Tanam pohon

Anda suka pohon apa? Tanam saja di pekarangan rumah, atau bagus juga kalau dijadikan pagar (contoh, bambu). Tahu tidak, kalau Indonesia menyumbang sepertiga pemicu terjadinya global warming, atau 7% dengan total kontribusi sekitar 2,5 miliar ton CO, karena laju penggundulan hutan Indonesia mencapai satu juta hektare per tahun? Pengembalian hutan agar karbon di udara bisa ditarik kembali, bisa dimulai dari rumah kita. Jangan lupa, hemat juga pemakaian tisu dan kertas. Memakai dua sisi kertas, misalnya, salah satu upaya menyelamatkan pohon.

"Switch off"

Matikan lampu (dan ganti lampu bohlam ke jenis lampu CFL karena hemat energi sampai 60%) pas keluar kamar, cabut segala perangkat elektronik seperti DVD player, komputer, sampai charger, dsb., kalau sudah selesai digunakan. Kebiasaan meninggalkan dalam keadaan stand-by harus dihilangkan.

Kurangi AC

Kota besar makin lama makin panas, boleh jadi karena orang merasa problem sudah selesai dengan pasang AC. Padahal, dengan desain tertentu, seperti meninggikan langit-langit rumah, bisa membuat sirkulasi udara berjalan lebih baik. Untuk mengurangi pemakaian AC, gunakan kipas angin, atau buka jendela untuk aliran udara. Selain itu, angin dan panas matahari lebih baik ketimbang memakai mesin pengering pakaian yang banyak mengeluarkan emisi karbon, maka jemurlah pakaian di luar!

Galang kepedulian

Jangan ragu ikut serta dalam kampanye mengantisipasi pemanasan global. Misalnya, dengan menulis atau berbicara dalam forum dan media. Bikin acara semacam aksi tanam pohon bareng teman-teman kampus, sampai masuk dalam organisasi peduli lingkungan semacam Greenpeace, WWF, Walhi, dsb. ***

(dikutip dari rubrik kampus, pikiran rakyat edisi tgl 6 sept' 07 dengan perubahan)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

it's great!
thanks..

Healthy Living mengatakan...

ok kita selamatkan Bumi dengan cegah pemanasan global, dgn cara hidup Vegetarian...., by Healthy Living
www.fortune388.blogspot.com

Anonim mengatakan...

adakah usaha membuat mobil bebas polusi yang praktis?